Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat kunyit

                      Manfaat kunyit

Manfaat kunyit


Kunyit atau kunir merupakan tanaman rempah yang ternyata memiliki banyak manfaat.kunyit sering kali dijadikan untuk pelengkap bumbu masakan.selain itu kunyit juga sering digunakan pada pengobatan tradisional.

kita mungkin sering mendengar nama jamu,atau mungkin kita sering meminumnya,kunyit merupakan salah satu bahan dasar untuk membuat jamu.meskipun rasa dan aromanya yang tidak mengenakkan,kunyit tetap menjadi jamu yang banyak di minati oleh banyak orang,apalagi para wanita.

kunyit dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit,baik itu penyakit dalam dan penyakit luar,atau untuk sebagai penambah daya tahan tubuh.seperti yang sudah kita ketahui bahwa kunyit memiliki berbagai jenis seperti:kunyit merah,kunyit kuning,kunyit putih,dan kunyit hitam.

sementara kandungan utama yang ada pada kunyit adalah Minyak astiri dan Kurkumin yang berperan penting dalam pengobatan.


1.Manfaat kunyit putih

Kunyit putih atau Curcuma zedoaria adalah salah satu dari beberapa kunyit yang populer di Indonesia.Manfaat kunyit putih juga tidak mau kalah dengan kunyit kuning.

kandungan pada kunyit putih seperti curcumin,tianin,saponin,resin,flafoniod,dan pati.mampu melawan pertumbuhan sel-sel kangker.selain itu manfaat kunyit putih lainnya adalah:

a .sebagai anti mikroba,
dalam kunyit putih mengandung sifat anti mikroba yang dapat menghambat pertumbuhan dari         patogen oral.
 
b .dapat mengobati penyakit maag dan masalah pada pencernaan.
penyakit maag terjadi akibat menigkatnya kadar asam dalam lambung,pada kunyit putih                    terdapat pati dan minyak esensial yang mampu mengurangi kadar asam dalam lambung,

sehingga dapat meringankan rasa perih pada lambung.selain itu minyak esensial yang terkandung pada kunyit putih dapat mengobati sembelit,kejang otot,kolik,dan perut kembung.Dan masih banyak lagi manfaat kunyit putih untuk kesehatan


2.Manfaat kunyit asam.

Manfaat kunyit asam juga tidak jauh berbeda dengan kunyit-kunyit yang lain,kandungan yang pada kunyit asam juga sama yakni Curcumin.manfaat kunyit asam memang sudah terkenal hingga ke manca negara.

Di Indonesia kunyit asam paling banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat ramuan obat berbentuk jamu.manfaat kunyit asam dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.seperti

a .Membantu menurunkan berat badan.
kunyit asam mampu mengontrol kadar gula dalam darah yang bisa memicu kolesterol jahat                 serta dapat menurunkan berat badan.

b .dapat mencegah kangker dan serangan jantung. 
kandungan curcumin dalam kunyit asam juga berperan sebagai antioksidan dan anti                           peradangan yang dapat memperbaiki kerusakan sel dalam tubuh sehingga baik untuk mencegah penyakit kangker dan serangan jantung

3.Manfaat kunyit untuk wajah.

Nah bagi anda yang gemar merawat kecantikan khususnya wanita,ternyata kunyit juga baik loh buat wajah.manfaat kunyit untuk wajah kali ini bukanlah untuk dibuat minuman ataupun makanan melainkan untuk dijadikan masker.

curcumin dalam kunyit memiliki antioksidan yang bersifat anti radang yang membuat kulit wajah lebih bersih dan sehat sehingga wajah tampak lebih bercahaya.Manfaat kunyit untuk wajah lainnya seperti

a .dapat Menghilangkan kerutan pada wajah.
garis-garis halus dan kerutan pada wajah memang tidak enak dipandang,selain itu bisa membuat            kurang percaya diri.masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan kunyit sebagai masker.

akan tetapi,tidak dianjurkan menggunakan dalam waktu yang lama.masker dapat digunakan setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seninggu.gunakan masker kunyit selama 20 menit saja kemudian bilas.

4.Manfaat kunyit hitam.

Selain kunyit putih,ada juga yang namanya kunyit hitam,Manfaat kunyit hitam juga sama dengan manfaat kunyit yang lainnya.kunyit hitam juga memiliki kandungan Curcumin yang dapat mengobati berbagai macam penyakit.seperti asma,paru-paru,bronkitis dan penyakit lainnya.

dalam hal pengobatan,kunyit  kerap dipadukan dengan rempah-rempah yang lain.dengan tujuan hasil yang lebih baik.berikut beberapa manfaat kunyit hitam.

a .meredahkan migran.
migran atau biasa disebut vertigo adalah penyakit sakit kepala sebelah yang sangat                         menjengkelkan.selain itu pentakit ini juga sangat berbahaya.untuk meringankan vertigo,gunakan kunyit hitam dengan dimemarkan terlebih dahulu kemudian dioleskan pada titik vertigo berasal.rasa hangat dari kunyit hitam dapat meredahkan migran atau vertigo.

b .mengatasi gatal pada kulit.
antiinflamasi yang terkandung pada kunyit hitam berfungsi sebagai anti radang yang dapat                  mengatasi rasa gatal pada kulit.

5.Manfaat kunyit untuk pria.

Selain bermanfaat untuk kencantikan,ternyata kunyit juga sangat bermanfaat untuk pria.Manfaat kunyit untuk pria seperti meningkatkan gairah seksual sudah sangat dikenal.pria memang rentan sekali terkena kanker prostat dan stres,sehingga dalam urusan seksual,

pria cenderung lebih lemah dibandingkan wanita.jika stres jerjadi pada pria,maka hormon testosteron pria akan menurun sehingga libido juga otomatis menjadi turun.beberapa kebiasaan pria yang menjadi pemicu hal ini terjadi ialah kebiasaan merokok,kurang tidur,dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

hal inilah yang membuat gairah seks pada pria jadi berkurang.kandungan curcumin pada kunyit mampu
 melawan kanker,termasuk kangker prostat.kunyit sangat dipercaya mampu meningkatkan libido dan menambah gairah seks pada pria.Dengan mengkonsumsi kunyit dengan cara diminum dalam bentuk jamu,maka berbagai macam manfaat dari kunyit akan terasa.

6.Manfaat kunyit untuk lambung.

Penyakit lambung terjadi akibat peradangan dan stres oksidatif.sehingga untuk mengatasinya harus dengan antioksidan dan antiradang.Manfaat kunyit untuk lambung sangat dianjurkan.kandungan ekstrak curcumin dalam kunyit memiliki sifat antioksidan dan antiradang yang bisa menyembuhkan penyakit lambung.

Demikian rangkaian dari bebrapa manfaat kunyit.selain dari manfaat diatas,masih banyak manfaat kunyit buat kesehatan yang lainnya.konsumsi kunyit secara teratur dan dengan anjuran dokter,maka segala kebaikan dari kunyit akan dirasakan.semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Manfaat kunyit"