Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menanam kunyit

 Cara menanam kunyit

Cara menanam kunyit


Cara menanam kunyit-Kunyit atau adalah tanaman yang juga merupakan salah satu dari tanaman rempah-rempah.kunyit atau kunir kerap dijadikan sebagai bahan untuk membuat obat atau jamu,selain itu kunyit juga berfungsi sebagai pelengkap bumbu pada masakan.

kunyit dapat tumbuh subur di berbagai wilayah asia,khususnya di asia tenggara.di Indonesia sendiri kunyit sangat banyak di budidayakan.hal ini didasari karena tanaman kunyit merupakan tanaman rempah-rempah yang sering dijadikan sebagai obat turun-temurun.


Untuk di Indonesia sendiri kunyit terbagai menjadi beberapa jenis,yaitu kunyit merah,kunyit kuning,kunyit putih,dan kunyit hitam.Sementara untuk Cara menanam kunyit juga memiliki beberapa tahapan yang harus dilakukan,yakni mulai dari mempersiapkan pembibitan kunyit,menyiapkan media tanam kunyit,penanaman kunyit,perawatan tanaman kunyit,dan tahap pemanenan kunyit.

langkah-langkah diatas adalah cara menanam kunyit yang bisa bisa diterapkan pada berbagai media,seperti cara menanam kunyit di pot,cara menanam kunyit di polybag,cara menanam kunyit dalam karung,ataupun pada media lainnya.nah berikut adalah ulasan bagaimana cara 
menanam kunyit.


1.Persiapan pembibitan tanaman kunyit.


Persiapan pembibitan tanaman kunyit adalah langkah pertama untuk memulai menanam kunyit.buatkan terlebih dahulu berupa kotak persegi panjang kemudian isi dengan tanah yang dicampurkan dengan sekam padi dan pupuk kandang sedikit.kemudian pilih bibit yang berkualitas baik.

untuk bibit kunyit yang baik adalah berasal dari tanaman kunyit yang baik pula,yakni bebas dari berbagai penyakit dan memiliki bentuk yang gemuk serta usahakan sudah berusia lebih dari 11 atau 12 bulan masa panen tanaman kunyit.

setelah itu kunyit bisa kita potong-potong dengan ukuran kira-kira 5 cm.lalu rendam dengan fungisida beberapa menit kemudian keringkan dengan cara di jemur sebentar.setelah bibit kunyit kering,baru diletakkan secara teratur pada permukaan tanah tempat pembibitan.

lalu lapisi dengan tanah diatasnya tipis-tipis.kemudian siram dengan air.disarankan untuk memberikan pelindung dari sinar matahari atau sejenis atap.tunggu hingga bibit mengeluarkan tunas-tunas baru.

2.Menyiapkan media tanaman kunyit.


Sembari menunggu proses pembibitan,kita menyiapkan media tanaman kunyit.untuk kali ini,kita akan menanam kunyit pada lahan atau kebun.cara menanam kunyit di pada lahan atau kebun tidak jauh berbeda dengan media polybag,pot, ataupun pada media lainnya.bersihkan terlebih dahulu dari rumput liar atau kotoran yang lainnya.

kemudian gemburkan tanahnya terlebih dahulu kemudian buat berbentuk beberapa bedengan yang tidak terlalu tinggi.tujuan bedengan dibuat agar air tidak menggenang saat hujan.banyaknya jumlah bedengan disesuaikan dengan kemampuan saja.

3.Penanaman kunyit.


penanaman kunyit dilakukan jika bibit kunyit sudah tumbuh dan siap untuk di pindahkan.letakkan potongan bibit kunyit diatas bedengan satu persatu beri jarak agar tidak padat.selalu diperhatikan bahwa tunas kunyit mengarah ke atas.

setelah itu lapisi kembali bibit tersebut dengan tanah titis saja.atau bisa juga dengan membuat lubang-lubang kecil pada bedengan,lemudian letakkan bibit pada lubang tersebut,kemudian timbun tipis tipis.lalu siram.

4.Perawatan tanaman kunyit.


Perawatan tanaman kunyit sangatlah penting untuk mendapatkan hasil yang baik.perhatikan tanaman kunyit,apakah ada bibit yang tidak tumbuh.segera lakukan penyulaman pada tanaman kunyit tersebut.agar tumbuhnya bisa bersamaan.

bersihkan juga tanaman kunyit dari rumput liar serta gulma yang dapat merusak tanaman kunyit.berikan juga pupuk susulan pada tanaman kunyit.pupuk yang diberikan adalah pupuk kering saja,dengan cara di taburkan disekitar pangkal pohon kunyit.

adapun pupuk yang diberikan seperti pupuk urea,pupuk KCL,dan pupuk SP-36.kemudian lapisi dengan tanah pupuk tersebut.tidak lupa juga semprotkan insektisida agar tanaman kunyit dapat terhindar dari serangan hama dan berbagai penyakit.

pupuk susulan ini diberikan saat tanaman kunyit berusia 2 bulan.selain itu,drainase juga harus sering dikontrol.jangan sampai ada air yang menggenang.karena akan membuat akar tanaman kunyit busuk.

5.Pemanenan tanaman kunyit.


pemanenan tanaman kunyit harus dilakukan dengan hati-hati.gunakan cangkul untuk menggali,jangan sampai ada buah atau rimpang kunyit terkena cangkul bersihkan kunyit dari tanah yang masih menempel serta potong batang kunyit.kemudian dijemur dengan menggunakan alas,seperti terpal.

untuk masa panen tanaman kunyit,sangat disarankan jika tanaman kunyit sudah berusia 11 atau 12 bulan,agar buah atau rimpang kunyit tidak terlalu muda.serta baik juga untuk dijadikan bibit baru jika diperlukan.Demikianlah proses cara menanam kunyit,semoga ulasannya dapat bermanfaat dan selamat mencoba.


Post a Comment for "Cara menanam kunyit"