Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ciri-ciri dan jenis jahe

 Ciri-ciri dan jenis jahe

Ciri-ciri dan jenis jahe


Jahe yang memiliki nama latin ginginer ini,merupakan salah satu tanaman herbal yang sering digunakan untuk dijadikan ramuan obat herbal atau yang biasa kita kenal dengan kata jamu.sejak zaman dahulu hingga sekarang,jahe masih tetap digunakan.

bahkan saat ini banyak produk minuman siap saji yang memanfaatkan jahe sebagai bahan utama.seperti wedang jahe skoteng,susu jahe dan masih banyak lagi.Selain itu jahe juga biasa dijadikan sebagai bumbu masakan.Tanaman jahe hanya mampu bertahan hidup pada daerah yang memiliki iklim tropis atau daerah garis katulistiwa contohnya di Asia tenggara.

Ciri-ciri jahe dan karakteristik jahe memiliki daun yang memanjang,tinggi pohon hanya 50 sampai 100 cm saja,buah terdapat dalam tanah yang juga sebagai akar (umbi),dan membentuk rimpang.serta memiliki aroma yang khas.

secara garis besar ciri morfologi jahe memiliki akar tunggal yang berkembang kemudian membentuk rimpang dan tunas yang kemudian akan tumbuh di atas rimpang dan menjadi tanaman baru.batang pada jahe tegak dan tidak memiliki tangkai,batang jahe tersusun dari pelepah daun yang saling membungkus satu dengan yang lain dan membentuk batang.

jahe dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat.kandungan jahe serta kegunaan jahe dalam kehidupan sehari-hari meliputi sebagai pereda rasa nyeri dan rasa pegal,mual akibat masuk angin,juga dapat menghangatkan badan.

selain itu jahe juga sering digunakan sebagai bumbu masakan.jahe memiliki kandungan yang banyak seperti minyak atsiri dan nutrisi.dimana pada minyak atsiri banyak zat-zat aktive penting seperti zingeberin,lemonin,shogaol,kamfer,dan masih banyak lagi.

selain itu,didalam rimpang jahe terkandung antioksidan seperti beta caroten,gingerol,asam cafein,curcumin,salicilat dan capsaicin.ada beberapa jenis jahe yang umum untuk dibudidayakan di Indonesia,diantaranya.

Baca juga:Manfaat daun seledri

1.jahe merah.

jahe merah


jenis jahe yang pertama adalah jahe merah.dengan aromanya yang khas,jahe merah meliki rasa yang sangat pedas.jahe merah memiliki warna kemerahan dan serat yang kasar.DiIndonesia sendiri jahe merah paling banyak dibudidayakan untuk dijadikan obat herbal.hal ini dikarenakan kandungan minyak atsiri pada jahe merah lebih tinggi.

2.Jahe putih.

jahe putih


jahe putih merupakan salah satu jenis jahe yang sering dijadikan bumbu masakan.jahe putih memiliki serat yang lembut,dan aromanya tidak terlalu tajam,bentuknya juga terlihat gemuk dengan warna putih kekuningan.walaupun namanya jahe putih,akan tetapi banyak orang menyebutnya dengan jahe gajah,atau jahe badak.

3.jahe emprit

jahe emprit


berikutnya ada jahe emprit.jahe emprit memiliki ciri yang tidak jauh berbeda dengan jahe putih,hanya saja ukurannya lebih kecil dari jahe putih.warna jahe emprit putih keabu-abuan.dan memiliki aroma yang tidak terlalu tajam.jahe emprit dipercaya mampu menyembukan penyakit asma.juga dapat membersihkan lendir pada saluran pernafasan.Demikian Ciri-ciri dan jenis jahe semoga bermanfaat.

Baca juga:Manfaat buncis

Post a Comment for "ciri-ciri dan jenis jahe"