Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MENANAM TOMAT DIKEBUN BAGI PEMULA

 CARA MENANAM TOMAT DIKEBUN BAGI PEMULA

Tanaman tomat merupakan tanaman yang sudah tidak asing lagi kita dengar, bahkan dalam kehidupan sehari hari kita dengan mudahnya menemukan buahnya.tomat seringkali dijadikan pendamping lombok atau cabai.atau sebagai bumbu masakan lainnya.tanaman tomat juga sangat mudah untuk kita budidayakan.baik itu secara konvensional,hidroponik,polibag,pot,atau bahkan dengan ember bekas sekalipun.
pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana cara menanam tomat dikebun bagi pemula.
untuk menanam tomat dikebun yang harus kita perhitungkan adalah.
CARA MENANAM TOMAT DIKEBUN BAGI PEMULA



1.menyiapkan lahan.
 lahannya atau kebun adalah hal terpenting pertama yang harus kita siapkan,berbeda dengan menanam tomat dengan polibag yang bisa ditempatkan dipekarangan rumah saja.gemburkan dahulu lahannya dengan menggunakan cangkul,kemudian buat bedengan dengan lebar 80 sampai 100 cm.untuk panjang menyesuaikan luas lahan.
berikan pupuk dasar pada bedengan untuk mengembalikan kesuburan tanah.kemudian kita lapisi lagi dengan  pupuk kandang.

2.menyiapkan pembibitan.
setelah lahan kita siapkan,langkah berikutnya kita buat juga tempat penyemaian bibit tomat.untuk menanam tomat dari biji kita harus memilih bibit yang berkualitas.pertama kita rendam dahulu bibit tomatnya kira kira 2 sampai 3 jam,seperti biasa kita hanya mengambil bibit yang tidak mengapung saja.kemudian jemur sebentar.
setelah kering taburkan bibit tomat pada tempat penyemaian yang sudah kita siapkan.taburkan juga tanah humus diatas bibit agar bibit tidak terlihat saja.setelah itu kita siram setiap pagi dan sore hari.


3.penanaman.
setelah bibit tanaman tomat berusia 3 minggu,maka bibit tersebut sudah siap untuk dipindahkan pada lahan yang sudah kita siapkan sebelumnya.pertama kita lakukan pencabutan bibit satu persatu dengan sangat hati hati,jangan sampai ada yang rusak.setelah itu buatlah lubang kecil pada bedengan untuk menanam bibit tomat dengan menggunakan jari atau alat yang ada.beri jarak kira kira lebar 40 sampai 60 cm,dan panjang menyesuaikan. lakukan penanaman bibit pada lubang tersebut dan lakukan penyiraman.disarankan untuk penanaman dilakukan pada sore hari agar bibit tidak mudah layu.tidak lupa juga kita pasang panjuran atau penyangga pohon tomat.

4.perawatan.
sama dengan tanaman lainnya,menanam tomat juga memerlukan perawatan,baik itu menanam tomat dengan hidroponik atau menanam tomat dengan pot.pada tahap vegetatif,sejak 2 minggu pertama kita berikan pupuk NPK dan ZA atau urea dengan dosis ringan,lakukan 2 minggu sekali.dan setelah usia 1 bulan pertama kita berikan pupuk kandang.


saat masa generatif atau mencapai usia 40 sampai 50 hari,kita berikan pupuk yang sama akan tetapi dosisnya ditingkatkan sedikit selama 2 minggu sekali.tanaman tomat akan siap dipanen jika buah sudah mulai menguning,biasanya saat sudah memasuki usia kira kira 100 hari.
demikian cara menanam tomat dikebun bagi pemula,semoga bermanfaat dan selamat mencoba.




Post a Comment for "CARA MENANAM TOMAT DIKEBUN BAGI PEMULA"