Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menanam kangkung darat di polybag dari batang

 Cara menanam kangkung darat di polybag dari batang

Cara menanam kangkung darat di polybag dari batang merupakan salah satu cara yang paling sederhana dan sangat efesien untuk siapa saja yang ingin menanam kangkung namun tidak memiliki lahan yang cukup.serta tidak harus memikirkan lagi bagaimana harus memilih bibit kemudian membuat tempat penyemaian.

Cara menanam kangkung darat di polybag dari batang


Tanaman kangsung sendiri merupakan tanaman daun yang mudah tumbuh di berbagai tempat.baik itu di tanam di darat ataupun di tanam di air.dan dapat di tempatkan pada media yang paling sederhana seperti polybag.botol bekas.kaleng.ataupun ember bekas.

Kangkung dapat tumbuh dengan subur.bahkan diera moderen cara menanam kangkung dengan hidroponik sangat digemari oleh banyak orang.teknik hidroponik memang sulit untuk diterapkan bila tidak benar benar memahami cara menanamnya.

Hal ini dikarenakan teknik hidroponik mengandalkan irigasi.serta asupan nutrisinya juga disalurkan melalui sistem irigasi.sehingga teknik hidroponik memerlukan perhatian serta ketelitian.Pembahasan kali ini.cara menanam kangkung darat dipolybag dari batang.hanya memerlukan batang kangkung sebagai bibit yang akan ditanam pada media polybag.langkah pertama yang harus dilakukan adalah:

1.Memilih bibit.

Untuk mendapatkan bibit yang baik.hanya mengambil batang kangkung bagian bawah saja.atau yang paling dekat dengan akar.hal ini dilakukan karena pada bagian ini bibit mudah mengeluarkan akar dan tidak mudah layu.batang kangkung dipisahkan dari daunnya.

2.Menyiapkan polybag.

Setelah bibit disiapkan.langkah selanjutnya dengan memasukkan tanah yang sudah dicampurkan dengan pupuk kandang atau kompos.bisa juga dengan campuran sekam bakar dengan perbandingan 1:1.kemudian padatkan.lakukan hal yang sama pada polybag berikutnya.jumlah menyesuaikan dengan seberapa banyak kangkung yang ingin ditanam.

3.Penanaman.

Setelah bibit dan media tanam sudah disiapkan.kemudian buatlah lubang pada permukaan tanah pada polybag sedalam kira kira 5cm.dan beri jarak antara lubang satu dengan yang lain.sesuaikan dengan ukuran polybagnya.lakukan pada setiap media yang sudah diapkan.langkah selanjutnya.tanam batang batang kangkung satu persatu pada setiap lubang.

Kuatkan agar batang kangkung tidak rebah.setelah selesai menanam.lakukan penyiraman 2 kali sehari dengan air biasa.untuk melakukan penanaman disarankan pada sore hari.agar bibit mudah untuk beradaptasi dan tidak layu dengan paparan matahari langsung.pada usia satu minggu akar serta daun akan bermunculan.

4.Pemupukan.

Saat tunas-tunas kangkung sudah mulai agak panjang.dan pada usia 1 minggu hingga 10 hari pertama.rangsang pertumbuhan dengan pupuk KCL.UREA.SP-36.campurkan pupuk tersebut dengan dosis yang tertera pada kemasan.pemupukan dilakukan dengan cara dikocor.

Dan untuk pupuk lanjutan.berikan pupuk yang sama jika tanaman kangkung sudah berumur 2 minggu atau 20 hari selanjutnya.untuk jenis pupuk.silahkan menggunakan yang sesuai dengan tingkat kesuburan tanah.ada banyak jenis pupuk yang bisa digunakan selain pupuk diatas.

Jika tanaman kangkung mulai terserang hama.segera berikan penyemprotan pestisida hama.agar tanaman kangkung terhindar dari serangan hama dan penyakit.

5.Pemanenan.

Dengan penyiraman yang rutin serta perawatan yang maksimal.maka akan dipastikan tanaman kangkung juga akan memberikan hasil yang baik.Dan jika sudah berumur 30 sampai 35 hari.itu pertanda tanaman kangkung sudah siap untuk dipanen.

Pemamenan kangkung cukup mudah dilakukan.cabut tanaman kangkung sampai ke akarnya.kemudian pukul-pukul bagian akar agar tanah yang menempel rontok.atau bisa juga dengan memotong pada batang kangkung yang dekat dengan akar.

Sebaiknya lakukan pencucian terlebih dahulu kangkung sebelum digunakan.agar sisa-sisa obat atau pestisida yang masih menempel larut bersama air.Demianlah cara menanam kangkung darat di polybag dari batang.semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

Baca juga:tanaman kangkung

Baca juga:cara menanam tomat dikebun bagi pemula

Baca juga:agar tanaman cabai rawit hidroponik berbuah lebat

Baca juga:cara mudah merawat cabai rawit

Post a Comment for "Cara menanam kangkung darat di polybag dari batang"