Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menanam jahe

 Cara menanam jahe

Cara menanam jahe


Cara menanam jahe-jahe memang merupakan salah satu tanaman yang sering kita jumpai.jahe seringkali dimanfaatkan sebagai bahan bumbu pada masakan.selain itu jahe juga kerap dijadikan sebagai ramuan jamu atau yang kenal dengan pengobatan herbal.

jahe juga sangat mudah kita temukan sekitar kita.baik itu pada minuman yang siap saji ataupun yang masih utuh.Untuk menanam jahe tidaklah begitu sulit,jahe dapat ditanam pada pekarangan rumah,baik itu ditanam tanah ataupun pada media seperti polybag,pot,ataupun dengan menggunakan media karung.

hal yang harus diperhatikan untuk menanam jahe adalah jahe harus ditanam pada tanah yang subur dan tidak tergenang air.agar buah jahe tidak busuk.Berikut adalah bagaimana cara menanam jahe.


1.Membuat pembibitan tanaman jahe.

pembibitan tanaman jahe.


Membuat pembibitan untuk tanaman jahe.adalah langkah awal untuk memulai menanam jahe.untuk mendapatkan hasil yang maksimal,sebaiknya kita memilih bibit yang berkualitas baik,pilih bibit yang berasal dari tanaman jahe yang berkualitas juga.tidak busuk,dan bebas dari hama serta penyakit.

pastikan juga bibit yang akan kita semai benar-benar sudah tua.atau berusia 1 tahun keatas.
potong-potong setiap ruas rimpang bibit jahe sekitar 5cm.dan untuk mempercepat tunas muncul,bibit kita rendam terlebih dahulu dengan mencampurkan larutan fungisida selama beberapa menit saja. 

setelah bibit siap kemudian kita buatkan tempat untuk menyemai.tempat bisa kita buat dari kota kayu atau langsung pada tanah yang sudah digemburkan.jika sudah siap,letakkan bibit jahe pada permukaan tanah dengan tidak terlalu rapat.kemudian lapisi kembali dengan tanah humus atau sekam padi.diatasnya dengan tipis saja. 

agar bibit tidak terlihat.kemudian siram.usahakan dibuatkan pelindung dari sinar matahari.biarkan selama 3 sampai 4 minggu agar 
bibit benar-benar siap untuk dipindahkan.

2.Menyiapkan lahan untuk tanaman jahe.

lahan tanaman jahe


sembari menunggu bibit jahe tumbuh dan benar-benar siap,langkah berikutnya kita menyiapkan lahan untuk tanaman jahe.jika kita tidak memiliki lahan,kita bisa memanfaatkan media lain untuk menanam jahe seperti polybag,pot,atau media yang lain.

Bersihkan terlebihdahulu dari rumput liar,kemudian gemburkan tanah pada lahan untuk menanam jahe dengan cangkul,kemudian buat berupa bedengan agar air tidak menggenang saat hujan.untuk jumlah bedengan sesuaikan dengan luas lahan atau semampunya saja.

jika kondisi tanah kurang subur,sebaiknya ditaburkan pupuk kandang untuk menambah tingkat kesuburan pada tanah.kemudian dicampur atau bisa juga dengan melapisi tanah secara tipis.kemudian siram agar nutrisi dari pupuk dapat menyebar.

3.Penanaman bibit jahe.

penanaman bibit jahe


setelah kita menyiapkan lahan,dan bibit jahe sudah siap untuk dipindahkan.maka,langkah berikutnya adalah Penanaman bibit jahe.pertama kita buatkan terlebih dahulu lubang-lubang kecil diatas permukaan semua bedengan untuk menanam bibit jahe sedalam kira-kira 5 cm.

selanjutnya letakkan bibit jahe pada tiap-tiap lubang tadi,pastikan tunasnya mengarah keatas dan jangan sampai ada yang terbalik.kemudian kita lapisi lagi dengan tanah yang dicampur dengan sekam padi dengan ketebalan 3 sampai 5 cm.kemudian siram.

4.Pemupukan dan perawatan tanaman jahe.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal,tentunya kita juga harus melakukan pemupukan dan perawatan tanaman jahe.lakukan penyulaman jika terdapat tanaman jahe yang mati atau gagal tumbuh.selain itu,kita juga harus sering-sering membersihkan tanaman jahe dari rumput liar.

untuk pemupukannya,kita berikan pupuk TSP dan pupuk KCL yang kita campurkan dengan dosis yang tertera.pemberian pupuk dengan cara ditaburkan saja pada pangkal pohon.usahakan tidak mengenai bagian pangkal pohon.kemudian tutupi lagi dengan tanah

berikan pupuk jika tanaman jahe sudah berusia 2 bulan.dan jika tanaman jahe mulai terserang hama,segerah semprotkan pestisida agar tanaman jahe terhindar dari penyakit.

5.Panen tanaman jahe.

pemanenan jahe


Panen tanaman jahe pastilah hal yang sangat ditunggu-tunggu.untuk memanen jahe tidaklah sulit,kita hanya perlu menggali pahon jahe dengan hati-hati,kemudian bersihkan buah jahe dari tanah yang masih melekat.untuk memanen jahe juga tergantung pada kegunaannya.jika hasil panen jahe untuk digunakan sebagai bahan bumbu masakan,maka jahe hanya memerlukan waktu 4 sampai 5 bulan saja.

akan tetapi jika hasil panennya untuk dijual di pasaran,maka jahe akan siap dipanen saat berusia 1 tahun..Demikianlah pembahasan tentang Cara menanam jahe,semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga:Manfaat buncis


Post a Comment for " Cara menanam jahe"