Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara budidaya buncis


Cara budidaya buncis

 Cara budidaya buncis

Cara budidaya buncis merupakan upaya kita dalam mengetahui bagaimana cara menanam buncis yang baik dan benar.mulai dari bagaimana cara memilih bibit buncis yang baik,kemudian menanam buncis,hingga sampai tahap buncis siap untuk dipanen

Buncis yang memiliki nama latin phaseolus vulgaris memiliki dua jenis yaitu type tegak dan type merambat.Buncis type tegak memiliki ketinggian sekitar 80cm,sehingga tidak memerlukan lanjaran sebagai penopang.Sementara type yang merambat memiliki ketinggian hingga 3 meter bahkan bisa lebih.sehingga untuk menopang pertumbuhannya

kacang buncis type ini memerlukan lanjaran.jenis ini jugalah yang paling banyak dibudidayakan oleh kebanyakan petani.Di Indonesia sendiri,budidaya buncis dapat dilakukan diberbagai tempat,baik itu di dataran tinggi ataupun di dataran yang rendah.serta dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah yang berbeda.langkah-langkah yang harus dilakukan untuk budidaya buncis adalah.

1.menyiapkan lahan.

Untuk budidaya buncis tentunya kita harus menyiapkan lahannya terlebih dahulu.lahan harus kita bersihkan dari tumbuhan liar seperti rumput liar yang dapat mengganggu tanaman buncis.kemudian gemburkan tanah dengan cangkul serta membuat beberapa bedengan.lebar bedengan kita buat kira-kira 90 hingga 100cm,dan panjang bedengan menyesuaikan dengan luas

lahan yang disiapkan.selanjutnya tanah yang sudah digemburkan kita berikan pupuk dasar terlebih dahulu.untuk budidaya buncis,pupuk dasar yang diperlukan adalah,pupuk kandang atau pupuk kompos,pupuk KCL,pupuk TSP,dan ZA.taburkan beberapa pupuk tersebut

diatas permukaan bedengan.kemudian dilapisi lagi dengan tanah.siram dengan air jika tidak ada hujan.kemudian diamkan selama 1 hingga 2 minggu sebelum dilakukan penanaman.sebaiknya gunakan mulsa agar tidak ditumbuhi rumput liar.

2.Persiapan benih buncis.

Untuk mendapatkan benih buncis yang berkualitas baik,kita bisa membeli benih buncis Hibrida pada toko pertanian yang ada di daerah kita.akan tetapi kita juga bisa mengambil benih buncis langsung dari pohonnya.pastikan buah buncis yang akan kita jadikan benih benar-benar dari buah terbaik yang kita biarkan tua dan mengering pada pohonnya.

setelah itu petik dan pisahkan biji dari kulitnya.setelah kita mendapatkan benih buncis.kita jemur terlebih dahulu sampai kering dan benih buncis siap untuk ditanam.

3.penanaman benih buncis.

penanaman benih buncis dapat dilakukan jika lahan serta benih yang kita butuhkan sudah siap.sebelum kita menanam benih buncis.sebaiknya benih buncis kita campurkan dengan insektisida terlebih dahulu.agar saat benih buncis ditanam tidak rusak atau terserang oleh hama seperti semut dan hama lainnya yang dapat merusak benih buncis.

setelah benih buncis dicampurkan dengan insektisida kita buatkan juga lubang kecil untuk menanam benih buncis sedalam 2 sampai 3cm saja.kemudian kita masukkan benih buncis sebanyak 2 atau 3 biji pada setiap lubang tadi.pastikan jarak antara lubang satu dengan tidak terlalu rapat.sekitar 50 sampai 60cm kekanan pada tiap bedengan.

kemudian tutup tipis lubang dengan tanah.jika tanah tersebut kering sebaiknya dilakukan penyiraman secara manual agar benih buncis cepat tumbuh.dan pada hari kelima benih buncis akan mulai tumbuh.dan jika tanaman buncis sudah mencapai ketinggian 10 hingga 15cm.sebaiknya kita berikan
lanjaran sedini mungkin.
Cara budidaya buncis

untuk lanjaran tanaman buncis sendiri kita bisa gunakan kayu dengan panjang 2 meter.usahakan lanjaran tidak terlalu tinggi.sehingga tidak menyulitkan saat dipanen.

4.Perawatan dan pemupukan tanaman buncis.

Perawatan dan pemupukan tanaman buncis merupakan suatu kewajiban dalam hal cara budidaya buncis.perawatan tanaman buncis meliputi penyulaman benih buncis,pembersihan rumput liar dan pemangkasan daun tanaman buncis.

dan untuk pemupukan tanaman buncis merupakan pupuk susulan pada tanaman buncis.jika tanaman buncis sudah berusia 2 minggu kita harus melakukan penyulaman kembali benih buncis.sebaiknya kita lakukan pengecekan terlebih dahulu,apakah ada terdapat benih buncis yang gagal tumbuh.

jika ada,segerah kita lakukan penyulaman.jika ternyata semua benih buncis tumbuh subur.tidak perlu dilakukan penyulaman.bersihkan juga rumput-rumput liar serta gulma yang tumbuh disekitar tanaman buncis agar tanaman buncis tidak kekurangan nutrisi.

untuk cara budidaya buncis agar berbuah lebat sebaiknya kita berikan pemupukan susulan pada tanaman buncis.agar kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tanaman buncis dapat terpenuhi.pemupukan susulan dapat kita lakukan saat tanaman buncis sudah berusia 3 minggu.

untuk fase ini pupuk tanaman buncis yang kita berikan adalah pupuk NPK,pupuk KCL,pupuk TSP,dan pupuk ZA.gunakan dosis yang sudah dianjurkan.dan dilakukan dengan cara dikocor atau bisa juga ditaburkan pada bagian pangkal pohon.

kemudian semprotkan juga pupuk daun untuk merangsang pertumbuhan.jika tanaman buncis memiliki daun yang sangat lebat sebaiknya lakukan pemangkasan pada daun buncis yang sudah tua agar tidak terlalu rimbun.

5.penanggulangan hama tanaman buncis.

Penanggulangan hama tanaman buncis juga sangat penting sekali dalam cara budidaya buncis.untuk mendapatkan tanaman bucis berbuah lebat kita juga harus selalu menjaga tanaman buncis dari serangan hama yang dapat merusak tanaman buncis.

ada beragam jenis hama yang dapat menyerang tanaman buncis seperti ulat daun,ulat buah,ulat bunga,kutu daun dan masih banyak lagi hama yang dapat merusak tanaman buncis.semprotkan insektisida secara rutin pada tanaman buncis agar semua hama tersebut hilang.

6.pemanenan hasil budidaya buncis.

pemanenan hasil budidaya buncis adalah saat yang paling di nantikan.jika semua proses sudah kita lakukan dengan benar.maka tanaman buncis akan mulai berbunga dan menghasilkan buah.umumnya buah buncis akan keluar saat tanaman buncis sudah berusia 30 hingga 1 bulan.

semua tergantung pada perawatan dan tungkat kesuburan tanah.dan saat tanaman buncis berusia
50 hari,maka tanaman buncis sudah siap untuk dipanen.buah buncis dipanen dengan memetik buahnya,pilihlah buah yang tidak tua dan tidak muda.

untuk durasi masa panen pada tanaman buncis,bisa kita lakukan 2 hari sekali.tanaman buncis sendiri memiliki masa panen sebanyak 20 hingga 30 kali masa panen.demikianlah bagaimana cara budidaya buncis.semoga informasi ini berfanfaat dan selamat mencoba.


Post a Comment for "Cara budidaya buncis"