Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menanam jahe di polybag

Cara menanam jahe di polybag

Cara menanam jahe di polybag


Cara menanam jahe di polybag-merupakan salah satu cara budidaya jahe yang sangat sederhana.seperti yang sudah kita ketahui,tanaman jahe adalah tanaman yang banyak sekali manfaatnya terutama untuk kesehatan dan sebagai daya tahan tubuh.

selain itu jahe juga biasa digunakan sebagai bumbu masakan.Di Indonesia sendiri tanaman jahe sangat mudah tumbuh,subur.hal ini dikarenakan Indonesia memiliki iklim tropis.tanaman jahe juga tidak hanya ditanam pada lahan terbuka atau kebun yang luas.tetapi jahe bisa ditanam pada berbagai media.

ada yang menanam jahe dengan media polybag,ada juga yang menggunakan pot,atau ember bekas.bahkan ada yang menggunakan karung sebagai media tanam jahe.proses penanamannya juga hampir sama,hanya yang membedakannya adalah media tanamnya.disini kita akan mengulas bagaimana cara menanam jahe di polybag.


1.Membuat tempat dan menyiapkan pembibitan.

membuat tempat dan menyiapkan pembibitan


membuat tempat dan menyiapkan pembibitan adalah langkah awal untuk memulai menanam jahe.buatkan tempat dari kayu yang dibentuk kotak atau persegi panjang dengan ketinggian kurang lebih 10 cm saja. atau bisa juga dengan membuatkan bedengan kecil.

setelah tempatnya siap.isi dengan tanah yang sudah dicampurkan dengan sekam padi dan sedikit pupuk kandang.kemudian,pilih bibit yang kualitasnya bagus.ciri-cirinya adalah rimpang jahe berbentuk gemuk,berasal dari tanaman jahe yang bebas dari penyakit,dan memiliki usia minimal 1 tahun.

setelah bibit kita dapatkan,kemudian potong-potong bibit jahe dengan ukuran sekitar 5 cm.bibit jahe direndam dengan larutan fungisida terlebih dahulu,rendam sekitar 3 sampai 5 menit.kemudian jumur sebentar hingga kering.setelah itu letakkan potongan-potongan bibit jahe pada permukaan tanah tempat penyemaian yang sudah disiapkan.

terus lapisi bibit jahe dengan tanah yang dicampurkan dengan sekam padi,jangan terlalu tebal,asal bibit jahe tertutup saja.kemudian siram dan usakan diberi pelindung dari sinar matahari.tunggu hingga bibit mengeluarkan tunas.biasanya tunas akan keluar jika bibit berusia 1 bulan.

2.persiapan media tanam jahe.

persiapan media tanam jahe


jika masa penyemaian berhasil maka langkah selanjutnya ialah persiapan media tanam jahe.siapkan beberapa lembar kantong polybag berukuran sedang.untuk jumlah polybag,disesuaikan saja.siapkan juga beberapa karung dan pot jika media tanamnya menggunakan karung dan pot.

kemudian isi polybag dengan tanah yang sudah dicampur dengan sekam padi dan padatkan.jika menggunakan media pot atau karung,maka lakukan hal yang sama.cara menanam jahe dalam karung dan cara menanam jahe di pot memiliki proses yang serupa.


3.penanaman bibit.

penanam bibit


jika bibit jahe sudah benar-benar siap untuk dipindahkan dan media tanamnya juga sudah disiapkan,langkah berikutnya adalah penanam bibit.Dan jika semua polybag telah terisi kita letakkan bibit jahe di atas permukaan tanah pada media tanam.beri jarak satu dengan yang lainnya,agar tidak terlalu rapat.selalu diperhatikan tunas jahe mengarah ke atas.kemudian lapisi kembali bibit tersebut dengan tanah secara tipis saja.lalu lakukan penyiraman.

4.Perawatan pada tanaman jahe.

tanaman jahe tidak semata-mata ditanam lalu dibiarkan begitu saja.tentunya kita wajib melakukan perawatan pada tanaman jahe agar mendapatkan hasil yang baik.kita wajib melakukan penyiangan pada tanaman jahe.agar tidak ada rumput liar atau gulma yang tumbuh di sekitar tanaman jahe.

selain itu,kita juka harus melakukan penyulaman bila ada bibit jahe yang tidak tumbuh atau 
mati.jika tanaman jahe sudah berusia 2 bulan,kita berikan pupuk kering saja yaitu pupuk TSP dan pupuk KCL.campur kedua pupuk tersebut dengan dosis yang tertera.taburkan pupuk pada sekitar pangkal pohon dan usahakan tidak mengenai batang pohon.segerah semprotkan pestisida jika hama mulai menyerang.

5.Pemanenan tanaman jahe.

pemanenan tanaman jahe


dan setelah kita melakukan tahap demi tahap proses cara menanam jahe di polybag,saatnya kita lakukan pemanenan tanaman jahe.caranya dengan menggenggam semua batang pohon jahe lalu cabut sambil menahan bagian bawah pada kantong polybag.atau bisa juga dengan langsung membelah atau merobek polybag jika kantong polybagnya sudah tidak digunakan lagi.

selanjutnya bersihkan tanah yang menempel pada buah atau rimpah jahe hingga bersih,serta batang dari tanaman jahe tersebut lalu jemur dengan menggunakan alas terpal ataupun sejenisnya agar tidak busuk. Demikianlah ulasan bagaimana cara menanam jahe di polybag.semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga:Manfaat buncis

Post a Comment for "Cara menanam jahe di polybag"