Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanaman kangkung.

 Tanaman kangkung.

Tanaman kangkung adalah tanaman yang mudah tumbuh diberbagai tempat.Dalam kehidupan sehari hari.kangkung kerap kita jumpai yakni pada sayuran sebagai pendamping makanan pokok.dengan rasanya yang nikmat.kangkung dapat diolah berbagai jenis olahan makanan.baik itu ditumis ataupun dijadikan sayur bening ataupun yang lainya.

Tanaman kangkung.

tanaman kangkung termasuk jenis tanaman daun yang mudah untuk dibudidayakan dipekarangan rumah.selain itu tanaman kangkung juga memiliki beberapa manfaat serta kandungan zat yang baik untuk kesehatan tubuh diantaranya.

1.Mencegah animea.

kangkung memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi.yang dapat membantu pembentukan zat hamoglobin dalam darah.dengan mengkonsumsi kangkung.kita dapat terhindar dari penyakit animea.

2.Menjaga daya tahan tubuh dan baik untuk kesehatan mata.

Tidak hanya rasanya yang lezat.Kangkung juga banyak mengandung vitamin C yang tinggi yang sangat baik untuk daya tahan tubuh.serta vitamin A yang membantu menjaga kesehatan pada mata. dengan demikian tanaman kangkung juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.akan tetapi kangkung juga dapat menyebabkan rasa ngantuk.hal ini dikarekan tanaman kangkung juga memiliki kandungan zinc serta selenium yang dapat menyebabkan ngantuk.

Di indonesia sendiri kangkung dibedakan menjadi dua jenis.yakni tanaman kangkung darat atau kangkung cabut dan tanaman kangkung sawah atau kangkung air.kangkung darat adalah tanaman kangkung yang dimana tumbuh pada permukaan tanah.dan umumnya orang menanam jenis kangkung ini pada lahan luas atau konvensional dengan dibuatkan beberapa bedengan yang bertujuan sebagai drainase agar tanaman kangkung tidak tergenang air saat hujan.

Dan tanah tempat tumbuh tanaman kangkung tidak terlalu basah atau terlalu kering.Tanaman kangkung memerlukan air yang cukup sehingga memudahkan saat proses pemanenan.akan tetapi kangkung darat sangatlah populer untuk kalangan rumahan.hal ini dikarenakan untuk membudidayannya tidaklah terlalu sulit.

Tanaman kangkung darat bisa ditanam dengan menggunakan polybag atau pot.kemudian teknik menanam kangkung ini juga juga beragam.ada yang hanya menaburkan pada bedengan yang sudah digemburkan dan sudah dicampurkan dengan bebrapa pupuk untuk kesuburan tanah.kemudian dirawat hingga panen tanpa harus dipindahtanamkan lagi.

Ada juga yang menanam dengan cara menyemainya terlebih dahulu.kemudian dipindahkan lagi pada tempat atau media tanam selanjutnya.sementara kangkung sawah atau kangkung air itu sendiri merupakan tanaman kangkung yang tumbuh menjalar pada permukaan sawah atau air.kangkung jenis ini banyak kita jumpai pada persawahan atau didaerah rawa yang mana banyak terdapat genangan air.

Tumbuh kembang tanaman kangkung jenis ini juga bisa dibilang sangat cepat.serta proses penanamannya juga sangat mudah.untuk menanam kangkung sawah atau air juga sangatlah mudah.hanya saja tempat atau media tanamnya harus dibuat sebasah mungkin.kita hanya memerlukan beberapa batang tanaman kangkung untuk dijadikan bibit.

Kemudian tanam batang kangkung satu persatu pada tempat yang sudah dipersiapkan sebelumnya.dengan menyesuaikan jaraknya agar tidak terlalu rapat.dan pastikan juga tempatnya berupa lumpur agar bibit kangkung yang baru ditanam tidak mengapung dan tercabut.dengan demikian posisi kangkung bisa tumbuh seperti yang diharapkan.Cara ini merupakan cara menanam kangkung tanpa biji.

Pada usia satu minggu.tanamam kangkung yang baru di tanam akan mulai mengeluarkan akar.untuk mempercepat pertumbuhan.bisa rangsang dengan memberikan pupuk dengan dosis yang tertera pada tiap kemasan pupuk.Jika tanaman kangkung sudah berumur 25 sampai 30 hari.maka tanaman kangkung sudah siap untuk dipanen.

Baca juga:cara menanam kangkung darat dipolybag

Baca juga:menanam seledri dengan teknik kapiler

Baca juga:manfaat daun seledri

Baca juga:cara mudah menanam daun seledri



Post a Comment for " Tanaman kangkung."